Macbook Pro Restart Terus

Macbook Pro Kasus Suka Mati Sendiri
Atas Nama Bpk Tan Edy Sumardi
Alamat Jl Putusibau

3 Cara Mengatasi MacBook Pro Tiba-Tiba Mati Restar Sendiri

Mengatasi MacBook Pro Tiba-Tiba Mati Restar Sendiri

MacBook Pro kadang mengalami masalah seperti MacBook tiba-tiba mati dengan sendirinya? Anda pernah mengalami MacBook Pro sering restart? MacBook Pro tiba-tiba mati sendiri? MacBook Pro masuk Mac OS restart sendiri? Apakah masalah ini merupakan kerusakan yang serius?

Belum tentu masalah di atas dikarenakan kerusakan serius, bisa jadi masalah MacBook tiba-tiba mati sendiri ini hanya karena masalah software ringan yang bisa diperbaiki dengan mudah, bahkan Anda dapat memperbaikinya sendiri.

Namun jika sudah termasuk kerusakan hardware, mau tidak mau Anda harus membawanya ke tempat service center Apple terdekat untuk mendapatkan perbaikan, atau bahkan penggantian komponen pada MacBook Pro Anda.

Banyak sebab permasalahan MacBook Pro seperti di atas bisa terjadi, seperti:

  • HDD, SSD MacBook bermasalah atau rusak
  • System Operasi Mac OS error atau perlu update
  • Faktor panas yang berlebih (overhead)
  • Telat permbersihan logic board sehinga sirkulasi udara dan panas yang dikeluarkan oleh prosesor tidak bisa terbuang karena terhalang oleh debu, kotoran yang menumpuk dan menempel pada heatsink maupun pada logic board.
  • Pasta prosesor kering (thermal pasta kering) berakibat panas yang dihasilkan oleh prosesor tidak bisa tersalurkan ke heatsink dengan sempurna.
  • Thermal sensor MacBook Pro bermasalah

Logic board MacBook Pro kotor waktunya pembesihan Logic board MacBook Pro kotor waktunya pembesihan Anda bisa coba beberapa tips dan tutorial berikut ini untuk mencoba memperbaiki sendiri masalah MacBook Pro yang sering mati atau restart sendiri.

Anda dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini untuk mengatasi masalah apabila MacBook Pro Anda tiba-tiba mati atau restart sendiri, diantarnya:

Periksa HDD atau SSD MacBook

Pertama yang perlu kita lakukan adalah memeriksa kesehatan HDD atau SSD MacBook Pro Anda, bisa mengunakan Apple Hardware Test atau Apple Diagnostics dengan cara nyalakan MacBook lalu langsung tekan dan tahan tombol D pada keyboard. MacBook otomatis akan memeriksa semua hardware secara menyeluruh. Yang perlu Anda lakukan adalah menunggu hingga proses pengecekan selesai.

Atau bisa dengan cara melepas Hard Disk atau SSD untuk memeriksannya ke MacBook atau laptop lain untuk memastikan kondisi kesehatan HDD atau SSD dalam kondisi 100%. Bila hasil pengecekan kesehatan Hard Disk menunjukan hasil kurang dari 100% berarti HDD MacBook harus segera di ganti, apabila kondisi kesehatan HDD bagus berarti kendala bukan pada HDDnya lanjutkan pemeriksaan ke langkah selanjutnya.

Install Ulang Mac OS MacBook

Bila Anda tidak mempunyai data penting yang tersimpan di perangkat MacBook Pro. Install ulang MacOS merupakan cara paling cepat dan mudah untuk dapat memperbaiki masalah MacBook Pro tiba-tiba mati atau restart sendiri. Sama seperti laptop yang mengunakan Windows, setelah instal ulang MacBook akan terasa lebih ringan dan cepat.

Bawa ke Tempat Service Center MacBook Terdekat

Bila 2 cara di atas belum bisa mengatasi masalah MacBook tiba-tiba mati atau restart sendiri, berarti memang ada masalah pada bagian hardware atau dapat dipastikan masalah terletak pada logic board-nya. Anda bisa membawanya ke service center MacBook terdekat di Kota Anda untuk mendapatkan penanganan secara profesional.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*