iPhone 6 Kasus Baterai Kembung

iPhone 6 Ganti Baterai
Atas Nama Ibu Friska
Alamat Jl Sungai Raya Dalam Pontianak

Tips Menghemat Baterai iPhone

Tips Menghemat Baterai iPhone
IPhone (mhoppsy/Pixabay)

Produk dari merek Apple memang selalu menggiurkan. Dari mulai berbagai fitur hingga desain ponsel yang menawan membuat semua orang pasti melirik iPhone dengan seri apapun. Namun, apa yang terjadi jika gawai ini tidak memiliki baterai yang sangat awet?

Ya, iPhone memang dikenal sebagai ponsel yang boros dalam mengonsumsi daya baterai dibanding dengan pesaingnya Android. Sebagian besar iPhone harus diisi ulang setiap beberapa jam sekali. Meski begitu, ada cara unik untuk menghemat masa pakai baterai iPhone yang bisa kamu lakukan tiap saat,

1. Matikan Background App Refresh

Ada beberapa fitur yang membuat iPhone lebih pintar dan siap ketika Anda membutuhkannya. Salah satu fitur ini adalah Background App Refresh. Fitur tersebut terlihat pada aplikasi yang paling sering Anda gunakan dan mencatat waktu kapan digunakannya. Kemudian sistem akan memperbarui aplikasi tersebut sehingga saat berikutnya Anda membuka salah satu aplikasi tersebut, informasi terbaru sedang menunggu Anda.

Misalnya, jika Anda memeriksa media sosial pada pukul 7:30 pagi, iOS akan mencatat hal itu dan secara otomatis memperbarui aplikasi sosial sebelum Anda membukanya. Fitur pintar ini memang sangat berguna, sayangnya dapat menguras daya baterai yang berlebih.

Untuk mematikan Background App Refresh pada iPhone, buka aplikasi Pengaturan, lanjutkan klik General, lalu pilih Background App Refresh dan swipe ke arah Off.

2. Jangan Perbarui Aplikasi secara Otomatis

Cara yang satu ini cukup membantu untuk menghemat daya. Karena, jika Anda terhubung dengan WiFi, iPhone tidak akan otomatis memperbarui aplikasi. Cobalah untuk mengganti pembaruan aplikasi secara manual, dan perbarui aplikasi saat baterai terisi penuh.

Tetapi, jika tidak, matikan pembaruan aplikasi otomatis. Untuk mematikan pembaruan aplikasi otomatis, buka aplikasi Pengaturan, ketuk iTunes & App Store, lalu matikan Pembaruan.

3. Stop Gunakan Saran Aplikasi dari Siri

Setelah sebelumnya diperkenalkan di iOS 8, Siri App Suggestion ini menggunakan lokasi Anda untuk mencari tahu di mana Anda berada dan apa yang dekat. Fitur tersebut menggunakan informasi itu untuk menentukan aplikasi mana yang mungkin ingin Anda gunakan berdasarkan di mana Anda berada.

Misalnya, Anda tengah berada di Jepang, maka akan muncul saran aplikasi yang berasal dari negara tersebut. Tentu saja fitur ini menggunakan daya tahan baterai ekstra untuk selalu menggunakan lokasi Anda dan sinkron dengan App Store.

Untuk menonaktifkannya, geser ke bawah dari atas layar iPhone untuk membuka Pusat Pemberitahuan, lalu geser ke kiri ke tampilan hari ini, gulir ke bawah dan ketuk Edit. Pilih lah ikon merah di sebelah Saran Aplikasi Siri. Ketuk Hapus, lalu ketuk Selesai.

4. Gunakan Pemblokir Konten di Safari

Salah satu fitur terbaik yang diperkenalkan di iOS 9 adalah kemampuan untuk memblokir iklan dan melacak cookie di Safari. Teknologi yang digunakan oleh jaringan iklan ini bertujuan untuk melayani, menampilkan, dan melacak iklan. Akan tetapi, hal itu mengonsumsi daya baterai yang berlebihan.

Jumlah daya baterai yang dihemat dengan memblokir iklan dan cookie tidak sepenting kiat hemat baterai lainnya. Namun, seiring dengan sedikit peningkatan daya tahan baterai, browser Safari berjalan lebih cepat dan menggunakan lebih sedikit data.

Untuk memblokir iklan, Anda perlu menginstal aplikasi pemblokir konten Safari dari pihak ketiga. Caranya, buka App Store dan unduh aplikasi pemblokiran konten ke iPhone Anda. Misalnya adalah Norton Ad Blocker. Tetapi, semua aplikasi pemblokiran iklan bekerja dengan cara yang sama.

Buka aplikasi pemblokir iklan dan ikuti instruksi apa pun untuk mengaturnya. Setiap aplikasi berbeda, tetapi masing-masing menawarkan instruksi untuk Anda ikuti agar bisa mengaktifkan kemampuan pemblokiran iklan. Setelah selesai diinstal ketuk Pengaturan untuk membuka aplikasi Safari, klik Pemblokir Konten, lalu swipe On di sebelah aplikasi pemblokir iklan yang Anda pasang.

5. Temukan Aplikasi Penguras Baterai

Untuk Anda yang telah menggunakan iOS 8 ke atas, fitur Penggunaan Baterai akan menunjukkan aplikasi mana yang paling banyak menggunakan daya selama 24 jam terakhir dan beberapa hari terakhir.

Caranya, buka Pengaturan, klik Baterai untuk memeriksa. Mungkin ada catatan di bawah setiap item yang menjelaskan mengapa aplikasi menghabiskan baterai dan menyarankan cara untuk memperbaikinya.

6. Jangan Gunakan Wallpaper Hidup

Kebanyakan dari pengguna smartphone lebih tertarik menggunakan wallpaper atau tampilan layar yang lebih hidup. Memang akan membuat gawai lebih terlihat apik. Namun taukah kamu bahwa hal ini juga menjadi faktor habisnya baterai iPhone Anda?

Disarankan bagi Anda yang ingin menghemat baterai, tetap menggunakan wallpaper tanpa animasi atau hidup adalah cara mudah untuk menghemat masa pakai baterai iPhone.

7. Nonaktifkan Unggahan Otomatis Foto ke iCloud

Setiap kali Anda mengunggah data, otomatis baterai akan cepat terkuras. Menghindari hal ini, cobalah untuk mengunggah secara manual. Karena aplikasi foto dapat secara otomatis mengunggah gambar ke akun iCloud Anda.

Matikan unggahan otomatis dan lakukan unggah hanya dari komputer Anda atau ketika Anda memiliki baterai penuh. Untuk memeriksa apakah foto selalu diunggah ke iCloud, buka aplikasi Pengaturan, ketuk Foto –pada iPhone versi lama, ketuk Foto & Kamera, lalu matikan Foto iCloud atau Library Foto iCloud .

8. Matikan Equalizer

Nah, sudah melakukan berbagai cara di atas namun masih saja boros baterai? Coba tengok cara yang satu ini. Mungkin tak banyak orang yang mengetahui bahwa fitur Equalizer juga berpotensi menghabiskan daya iPhone Anda.

Aplikasi Musik di iPhone memiliki fitur Equalizer yang menyesuaikan musik untuk meningkatkan bass, mengurangi treble, dan perangkat tambahan audio lainnya. Karena penyesuaian ini dilakukan dengan cepat, mereka memerlukan daya baterai ekstra.

Matikan equalizer untuk menghemat baterai. Namun, menonaktifkan equalizer memberikan pengalaman mendengarkan yang sedikit dimodifikasi. Untuk menghemat masa pakai baterai di iPhone Anda dengan menonaktifkan fitur Equalizer, buka Pengaturan dan klik ke Musik kemudian ketuk EQ dan swipe Off.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*