iPhone 5 Phone Disable / iPhone Dinonaktifkan

iPhone 5
Model A1428, A1429, A1442 Tahun peluncuran 2012
Phone Disable / iPhone Dinonaktifkan
Atas Nama Ibu Indah
Alamat Jl Karet Jeruju Pontianak

Cara Mengatasi iPhone is disabled atau iPhone Dinonaktifkan Tanpa PC dan Menggunakan iTunes

Cara Mengatasi iPhone is disabled atau iPhone Dinonaktifkan Tanpa PC dan Menggunakan iTunes

Jika boleh tahu, Anda sekarang mendapati pesan “aneh” yang muncul tiba-tiba di iPhone, bertuliskan “iPhone dinonaktifkan”? Atau mungkin dengan tulisan yang berbeda, “iPhone is disabled” bagi mereka sebelumnya memilih bahasa inggris di menu Settings perangkatnya.

Pesan error yang tampil di layar iPhone ini selain bertulisan iPhone dinonaktifkan, diikuti dengan kalimat dibawahnya “try again in 1 minute” atau dalam bahasa indonesia, “coba lagi dalam 1 menit”. Buat Anda yang sudah mencoba beberapa kali memasukkan passcode iPhone yang salah, mungkin akan melihat pesan yang berbeda seperti coba lagi dalam 5, 15 atau 60 menit dan yang paling menyakitkan jika pesan yang muncul bertuliskan “Sambungkan ke iTunes” atau “Connect to iTunes”.

Pada kondisi iPhone seperti ini, Anda tidak dapat menggunakannya. Ingin tahu apa yang menyebabkan iPhone is disabled atau iPhone dinonaktifkan dan bagaimana cara mengatasinya dengan iTunes serta tanpa PC sama sekali?

Berikut penjelasan dan panduan tentang iPhone is disabled atau iPhone dinonaktifkan yang disertai dengan pesan “Connect to iTunes” (Sambungkan ke iTunes) agar Anda dapat mengaktifkan dan membuka kunci iPhone sehingga bisa digunakan lagi.

Ini Alasam Kenapa iPhone Dinonaktifkan atau “iPhone is disabled”?

Dengan alasan keamanan, iPhone dilengkapi dengan fitur kunci iPhone dengan passcode, Touch ID atau Face ID di iPhone keluaran terbaru. Tapi disisi lain, ada hal yang juga harus Anda ketahui bahwa memasukkan passcode iPhone yang salah sebanyak 5 kali akan menyebabkan iPhone dinonaktifkan selama 1 menit, tidak terkecuali untuk iPhone X.

Solusi yang paling mudah untuk kasus ini adalah menunggu beberapa menit (sesuai dengan durasi yang ditampilkan di layar iPhone). Selanjutnya, masukkan passcode yang benar untuk membuka iPhone yang terkunci.

Berdasarkan jumlah atau berapa kali kita telah memasukkan passcode yang salah di smartphone Apple itu, iPhone akan menampilkan pesan “iPhone is disabled” di bawah ini.

5x masukkan passcode salah – muncul pesan “iPhone is disabled, try again in 1 minute” atau iPhone dinonaktifkan selama 1 menit.
7x masukkan passcode salah – muncul pesan “iPhone is disabled, try again in 5 minutes” atau iPhone dinonaktifkan selama 5 menit.
8x masukkan passcode salah – muncul pesan “iPhone is disabled, try again in 15 minutes” atau iPhone dinonaktifkan selama 15 menit.
9x masukkan passcode salah – muncul pesan “iPhone is disabled, try again in 60 minutes” atau iPhone dinonaktifkan selama 60 menit.
10x masukkan passcode salah – barulah muncul pesan “iPhone is disabled, connect to iTunes atau iPhone dinonaktifkan. Sambungkan ke iTunes.

Ketika Anda benar-benar telah memasukkan kombinasi angka (passcode) iPhone yang salah sebanyak 10 kali, Anda akan diminta menghubungkannya ke iTunes baik itu menggunakan PC atau Mac. Semua data iPhone akan terhapus secara otomatis jika mode ini aktif.

Apa Penyebab iPhone dinonaktifkan atau “iPhone is disabled”? Padahal Anda Tidak Mencoba “Unlock” iPhone atau Memasukkan Passcode Salah.

Beberapa pengguna smartphone Apple merasa bingung karena tiba-tiba mendapati iPhone miliknya tidak dapat digunakan dan melihat pesan di layarnya “iPhone is disabled” atau iPhone dinonaktifkan.

Kejadian ini bisa saja dijumpai pemilik iPhone sekalipun Anda tidak pernah memasukkan
passcode salah atau mencoba unlock iPhone. Apa penyebabnya dan bagaimana itu bisa terjadi?

Salah satunya karena touchscreen iPhone error sehingga mengetikkan passcode secara otomatis. Hal lain yang mungkin menjadi penyebabnya adalah saat disimpan di kantung dan orang lain mencoba memasukkan secara terus-menerus passcode dengan cara menebaknya.

Touchscreen Error

Layar sentuh iPhone yang error, rusak atau bermasalah bisa mengakbibatkan iPhone dinonaktifkan. Anda yang mendapati layar iPhone error yang gejalanya kadang berfungsi, kadang tidak atau mungkin hanya sebagian layar berfungsi sangat rentan mengalaminya.

Jika sebagian touchscreen iphone rusak atau tidak berfungsi dan kita ingin memasukkan passcode, hanya sebagian angka yang bisa digunakan dan sebagiannya lagi tidak dapat disentuh. Hal ini akan memicu Anda menginput passcode menjadi salah.

Untuk itu, saat layar iPhone rusak, sebaiknya mencari Service Center iPhone Resmi Apple Indonesia, Apple Authorized Service Providers (AASP) di kota Anda untuk memeriksakannya. Silahkan hubungi CS Apple Indonesia untuk menanyakan hal tersebut. Jangan ditunda!

Orang Lain Sebabkan iPhone Dinonaktifkan

Penyebab berikutnya yang dapat membuat “iPhone is disabled” atau iPhone dinonaktifkan adalah digunakan oleh orang lain. Seseorang yang bukan pemilik aslinya, jika mencoba menggunakan iPhone yang sudah diproteksi dengan passcode beresiko sangat tinggi menimbulkan masalah ini.

Jika orang tersebut dengan sengaja mencoba menebak dan memasukkan passcode yang tidak sesuai secara berulang-ulang akan menyebabkan iPhone terkunci. Jangan sembarang menaruh iPhone Anda ketika tidak digunakan!

Anak kecil juga bisa menjadi tersangka error iPhone yang satu ini. Terkadang, kita meletakkan iPhone disembarang tempat sehingga bisa dijangkau olehnya.

Apabila anak-anak mencoba menggeser layarnya dan muncul tampilan untuk masukkan passcode, kemudian dia memasukkan beberapa kali passcode yang salah maka akan menyebabkan iPhone bisa terkunci.

Menyimpan iPhone di Saku

Penyebab iPhone dinonaktifkan yang lain dan tidak pernah disangka-sangka tapi sering juga dialami oleh kebanyakan pengguna ponsel pintar Apple, karena menyimpannya didalam saku baik itu saku depan celana, jaket atau yang lainnya. Mereka yang punya kebiasaan memasukkan tangan ke dalam saku bisa juga dihampiri oleh musibah iPhone terkunci ini.

Umumnya, untuk membuka kunci iPhone, kita cukup menggeser layarnya lalu memasukkan passcode-nya. Ketika kita memasukkan tangan di dalam saku, jari tangan saja membukanya secara tidak sengaja bisa.

Itu mungkin hal yang lumrah dan sudah pernah dialami oleh penggunanya tapi apa jadinya jika terjadi hal yang tidak diinginkan, tangan Anda tidak hanya geser layarnya tapi juga memasukkan passcode iPhone beberapa kali. Tentunya hal ini bisa berujung iPhone terkunci karena kesalahan menekan kombinasi angkanya.

Atau seperti yang dialami oleh teman saya, meraba-raba di saku celananya saat ingin mengambil uang untuk membayar ke kasir sehingga menyebabkan iPhone dinonaktifkan atau “iPhone is disabled”. Anda mengalami hal yang sama?

Cara Membuka “iPhone is disabled” atau iPhone Dinonaktifkan


Mau buka iPhone terkunci yang menampilkan pesan di layar “iPhone Dinonaktifkan”? Hanya ada 2 cara mengatasinya. Pertama, harus menunggu sesuai dengan waktu yang tertulis di layar iPhone lalu masukkan passcode yang benar.

Menunggu beberapa saat adalah solusi yang pertama. Yang kedua, jika Anda tidak sabar karena estimasi waktu yang ditampilkan cukup lama atau memang sama sekali lupa password iPhone maka cara yang paling cepat dengan masuk Mode DFU iPhone kemudian lakukan restore data.

Selain kedua solusi diatas , tidak ada cara lain. Beruntung jika kamu sudah pernah backup semua data di iPhone sebelum masalah ini terjadi.

Cara Memperbaiki “iPhone is Disabled. Connect to iTunes”

Dari beberapa pesan iPhone yang terkunci diatas, hal yang paling tidak diinginkan yaitu Anda diharuskan hubungkan iPhone ke iTunes. Berbeda jika pesan error yang ditampilkan di layar iPhone menyuruh Anda menunggu beberapa menit saja.

Yang dibutuhkan untuk memperbaiki iPhone terkunci karena lupa passcode antara lain Mac atau komputer yang sudah terinstall iTunes, kabel data iPhone dan ponsel pintar Apple yang terkunci itu.

Selain itu, backup data iPhone juga diperlukan. Jika memang tidak punya maka konsekuensinya semua data iPhone hilang dan tidak bisa lagi dikembalikan.

Memperbaiki “iPhone is Disabled. Connect to iTunes” dengan Restore via iTunes

Anda yang lupa passcode bisa mengaktifkan “iPhone is disabled” tersebut dengan memulihkan data iPhone sebelumnya (restore) tapi juga harus mengingat passcode dan mempunyai backup data iPhone sebelumnya.

  1. Hubungkan iPhone ke Mac atau PC menggunakan iTunes.
  2. Jalankan aplikasi iTunes.
  3. Setelah iPhone terdeteksi di iTunes, pilih Restore untuk memulai proses restore iPhone dari file backup yang ada.
  4. Tunggu hingga proses memulihkan data selesai.

Jika masih bingung, Anda bisa membaca artikel sebelumnya di Cara Mudah Restore iPhone dan iPad dengan iTunes.

Memperbaiki “iPhone is Disabled. Connect to iTunes” dengan Recovery Mode

Memperbaiki “iPhone is Disabled. Connect to iTunes” dengan Recovery Mode

Recovery Mode adalah alternatif kedua untuk memperbaiki “iPhone is disabled” jika Anda tidak mempunyai backup data iPhone dan tidak tahu atau lupa passcode. Cara ini tidak dianjurkan karena semua data iPhone akan terhapus.

  1. Pertama-tama, cabut kabel data yang Anda tancapkan ke komputer atau Mac.
  2. Jalankan iTunes.
  3. Tekan dan tahan tombol Home dan Power secara bersamaan untuk matikan iPhone.
  4. Lepas tombol Power dan tetap tekan tombol Home kemudian sambungkan iPhone ke Mac atau komputer lagi.
  5. Tetap tekan dan tahan tombol Home hingga muncul kotak pemberitahuan di iTunes bahwa iPhone sudah masuk ke Recovery Mode.
  6. Sekarang, klik tombol Restore (Pulihkan).
  7. Tunggu hingga proses download dan instal ulang iOS selesai.

Semua file, konfigurasi dan aplikasi iPhone akan terhapus dan hilang termasuk passcode yang sudah di-setting sebelumnya. Setelah berhasil membuka iPhone yang terkunci tadi, iPhone akan kembali ke pengaturan pabrik seperti halnya ketika Anda beli iPhone baru.

Sekarang, Anda sudah bisa restore iPhone dengan data backup yang tersimpan di iTunes atau iCloud.

Tips Mencegah iPhone Dinonaktifkan atau “iPhone is disabled” agar Tidak Terulang Lagi

Setelah mengetahui akibat yang ditimbulkan “iPhones is disabled” diatas, pastinya Anda sekarang akan lebih hati-hati agar kejadian ini tidak terulang lagi nantinya. Cara yang paling mudah untuk menghindari hal ini, dengan tidak memasukkan passode salah secara berulang-ulang yang bisa menyebabkan iPhone terkunci.

Tips menghindari iPhone Dinonaktifkan yang lain adalah tidak menggunakan passcode tapi mencoba kombinasi password yang memerlukan karakter yang lebih panjang dan segera memperbaiki touchscreen iPhone jika rusak.

Yang terakhir, jangan lupa untuk selalu backup iPhone secara rutin untuk mengembalikan data iPhone yang hilang jika terjadi lagi masalah ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*