iPhone 6 Plus LCD Pecah

iPhone 6 Plus Ganti LCD
Atas Nama Ibu Topik
Alamat Jl Surya Pontianak

6 Ciri Ciri LCD Iphone Rusak | Rusak Kaca atau LCD, IC Touchscreen

Layar Iphone rusak

Tidak jarang kita menaruh iphone di saku ketika sedang beraktivitas, dan terkadang iphone terasa licin di tangan, atau kita menaruh iphone di tempat sembarangan. Tanpa casing yang protective, iphone dalam resiko besar untuk jatuh dan merusak penampilan depan atau belakangnya.

Performa LCD iPhone sangat vital dalam pengalaman memakai gawai. Hal ini wajar karena penggunaan iPhone lebih banyak melalui sentuhan di layarnya. Untuk memiliki pengalaman terbaik dalam menggunakan iPhone, kondisi iPhone kamu termasuk LCD iPhone harus dalam performa maksimal. Lalu bagaimana jika LCD iPhone rusak?

Perbedaan LCD dengan Kaca Iphone 

Kerusakan tersebut dapat terjadi dan menimpa salah satu atau kedua komponen iphone yakni: LCD dan Kaca iphone tersebut.  Kerusakan pada Kaca iphone bersifat tidak parah dan perbaikan akan lebih Murah dan mudah, sedangkan kerusakan pada LCD berharga lebih mahal dan sulit untuk diperbaiki. Tentu, jika kerusakan hanya terdapat pada Kaca maka hanya perlu memperbaiki kacanya saja, dan biaya perbaikan akan lebih murah. 

Perbedaan antara keduanya adalah:

  • LCD pada iPhone berhubungan dengan Display dan kepekaan touchscreen dari Hp tersebut
  • Kaca/glass Iphone adalah bagian lapisan exterior dari display iphone dan terbuat dari Kaca.

Ketika Iphone mengalami kerusakan pada screen maka akan kelihatan dengan jelas seperti kaca pecah, namun, terkadang kerusakan pada kaca tidak terlihat oleh penguna dan harus cek terlebih dahulu sebelum memahami masalahnya terdapat di bagian mana. 

Dalam kasus kaca terlihat pecah tetapi touchscreen Iphone bekerja dengan baik dan display iphone terlihat jelas tanpa garis-garis atau warna yang lain maka kemungkinan masalahnya terdapat pada kaca saja.

Ciri-ciri LCD iPhone Rusak dan Penyebabnya

Sebelum panik dan kebingungan dengan kondisi gadget kamu, yuk kenali ciri-ciri kerusakan dari LCD berikut ini:

 1. LCD iPhone Terlalu Sensitif atau Kurang Sensitif

Man holding an iphone

Penyebab dari LCD iPhone yang terlalu sensitif biasanya bersifat eksternal meski tidak menutup kemungkinan ada masalah pada software-nya. Untuk mengecek permasalahan utamanya, coba analisa mandiri dengan melepas pengisi daya.

Menurut website resmi Apple, penyebab yang sering terjadi adalah pengisi daya yang tidak compatible dengan iPhone. Setiap baterai iPhone harus diisi dengan tingkat arus listrik tertentu dan arus listrik yang tidak sesuai bisa menyebabkan beberapa masalah.

Bila pengisi daya kamu penyebabnya, segera ganti pengisi daya dengan pengisi daya original. Bila setelah mengganti pengisi daya iPhone kamu masih terlalu atau kurang sensitif, bisa jadi masalah terletak pada tempered glass atau pelindung layarnya.

Coba cek apakah pelindung LCD kamu tergores atau terkelupas. Pada dasarnya pelindung layar memang mengurangi sensitivitas LCD tetapi efeknya bisa memburuk bila sudah tergores atau terkelupas.

Coba lepaskan pelindung layar dari LCD iPhone kamu dan cek apakah sensitivitas LCD kembali normal. Bila semua langkah sudah dilakukan tetapi layar LCD belum membaik, hubungi service centre karena masalahnya mungkin terletak di software.

2. LCD iPhone Retak atau Pecah

A-broken-iphone-screen

Layar yang retak atau pecah biasanya disebabkan oleh benturan misalnya terjatuh atau tertimpa benda keras, berat, dan tajam. Masalah ini juga dapat terjadi jika kamu sering menekan layar dengan keras atau menyimpannya dalam saku celana yang ketat.

Hati-hati loh, LCD yang sudah retak atau pecah dapat menyebabkan retakan yang lebih luas. Penanganan pada masalah ini hanya dapat dilakukan dengan mengganti LCD iPhone rusak dengan yang LCD iPhone yang baru.

3. Terdapat Garis Kuning atau Garis Vertikal dan Bintik Hitam di LCD iPhone

Broken-iphone-lcd

Terlihat pola dan warna-warna yang seharusnya tidak ada pada display seperti munculnya garis kuning, garis vertikal, atau Black Spots (Bercak hitam) di layar iPhone, maka penyebab masalah terletak di LCD-nya. LCD adalah singkatan dari Liquid-crystal Display dan masalah-masalah itu terjadi karena adanya kebocoran pada liquid LCD. 

Kebocoran pada LCD iPhone tentu saja tidak dapat ditangani secara mandiri. Solusi satu-satunya dari masalah-masalah tersebut adalah dengan mengganti LCD rusak dengan LCD iPhone yang baru.

4. Terjadi Flickering pada LCD iPhone

Iphone Flickering screen

Flickering pada LCD iPhone adalah munculnya garis-garis gradasi yang memudarkan tampilan layar. Hal ini bisa disebabkan oleh 2 hal yaitu  LCD iPhone yang rusak atau IC Touchscreen yang bermasalah.

Apabila kamu memutuskan untuk mengganti LCD tetapi flickering tetap muncul pada layar, berarti masalah terletak pada IC Touchscreen-nya. Untuk menangani masalah ini dengan bijak, ada baiknya konsultasikan ini dengan ahlinya terlebih dahulu.

5. LCD iPhone Tidak Berfungsi Seluruhnya atau Sebagian

Broken Iphone LCD

Ada 2 penyebab LCD iPhone kamu Tampilan Hitam, tidak berfungsi seluruhnya atau sebagian yaitu LCD iPhone atau IC Touchscreen yang rusak. Solusi untuk permasalahan ini sama seperti solusi untuk mengatasi flickering pada layar. 

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengganti LCD. Penggantian LCD adalah satu-satunya cara untuk mengetes apa penyebab utama disfungsi layar. Bila masalah tetap timbul setelah LCD diganti maka masalah terletak di IC Touchscreen-nya.

6. Kualitas Warna LCD iPhone yang Menurun

Iphone Degrading color

Menurunnya kualitas warna pada layar iPhone adalah hal yang tidak dapat dihindari. Hal ini terjadi karena LCD iPhone kamu sudah kehilangan kemampuannya untuk menyesuaikan dan menampilkan kecerahan warna di layarnya.

Satu-satunya solusi untuk masalah ini adalah dengan mengganti LCD iPhone kamu. Meski begitu, penurunan kualitas warna dapat diperlambat dengan lebih berhati-hati dalam menggunakan iPhone kamu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*